Jumat, 12 November 2010

Mencari Data & Berkomunikasi Melalui Internet ( bab 4 )



A. Menggunakan Pelayanan Internet dalam akses Informasi dan komunikasi untuk menyelesaikan tugas-tugas yang diberi guru

1. Pecatrian informasi melalui situs yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan

 
- www.chem-is-try.org
- www.ilmukomputer.com
- www.fisika.lipi.go.id
- www.invir.com

2. mencari informasi menggunakan search egine misalnya, :

=> google
=> yahoo 
=> alta vista
=> alltheweb
=> lycos
=> excite
=> web clawler
=> dll

3. Fasilitas Khusus pada google untuk mencari suatu data dengan mudah dapat menggunakan pevcarian secara khusus pada google.

4. Trik Pencarian melalui google dengan menggunakan symbol matematika

* tanda plus (+), jika kamu menginginkan mencari berbagai dokumen dan kamu mempunyai lebih satu keyword.
* tanda minus (-), dapat diartikan sebagai kecuali, jika kamu tidak menginginkan menampilkan dokumen atau file yang berisi kata-kata yang terdapat dibelakang tanda minus.
* tanda kutip (") jika kamu hanya ingin memperoleh halaman web yang mengandung kata majalah komputer, dimana kedua kata tersebut terletak tidak terpisah dan serangkai.
* tanda (~), teknik pencartian dengan sinonim dalam bahasa indonesia. caranya dengan menambahkan tanda ini didepan istilah yang akan kamu cari.
* tanda OR (OPERASI BOOLEM), biasa diartikan atau, bekerja dengan cara yang sama dengan karakter spasi dalam symbol matematika.

B. penggunaan Layanan Chatting untuk berkomunikasi

    Chatting merupakan kependekan dari Conversational Hyprertext Acces Technology, yaitu suatu sistem yang dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan pengguna internet seluruh dunia.
mIRC adalah salah satu program untuk chatting yang populer, untuk memperoleh mIRC kamu dapat mendownload di situs http://www.mirc.co.uk atau http://www.mirc.com

C. Penggunaan Mailing list di yahoogroups untuk bekomunikasi

    Mailing list adalah tempat diaman suatu kelompok dapat bergabung atau berdiskusi dengan teman satu hobi atau satu profesi. dengan kata lain mailing list adalah suatu daftar nama email yang mempunyai kepentingan yang sama.
mail server program yang mengatur jika ada suatu pesan yang di kirimkan kepada semua orang yang terdaftar didalam groups.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar